Sukses

Makan Lima Porsi Sayur dan Buah Cegah Mati Muda

Liputan6.com, Jakarta Diet sayuran adalah diet dasar yang dapat berpengaruh untuk menurunkan tekanan darah, menekan kolesterol, mereduksi risiko kanker, dan menstabilkan gula darah.

Namun, masih banyak dari kita yang gagal untuk mengonsumsi cukup sayuran per hari, dan lebih memilih untuk mengonsumsi daging olahan dan kudapan manis.

Menurut Dietary Guidelines for Americans, orang dewasa membutuhkan asupan rata-rata 2000 kalori per hari serta mengonsumsi dua setengah cup sayuran. Namun, apabila mengonsumsi sayuran lebih banyak makan akan mendapatkan keuntungan lebih banyak pula.

Lalu apakah yang akan terjadi jika kita mengonsumsi banyak sayuran setiap hari? Berikut rangkumannya seperti dikutip dari Mydomaine pada Kamis (6/7/2017).

1. Pencernaan sehat dan sembelit menjauh

Sayuran kaya akan serat, yang berarti akan membantu sistem pencernaanmu untuk bekerja lebih mudah dan rutin. Selain itu kandungan air pada sayuran membantu mengurangi ancaman sembelit.

2. Umur lebih panjang

Seperti dikatakan sebelumnya, diet kaya sayuran dapat mengurangi risiko penyakit dan juga kanker. Lebih spesifik, Imperial College London Researchers menemukan bahwa makan lebih dari lima sajian buah dan sayur per hari dapat mereduksi risiko serangan jantung, stroke, kanker, dan mati di usia muda.

3. Kulit lebih bersinar

Tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk krim pencerah kulit. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi lebih banyak sayuran dapat membuat kulit lembut dan bersinar.

"Phytonutrients, vitamin c dan air akan mereduksi kerutan", peneliti menambahkan.

Artikel Selanjutnya
Hati-Hati, Makan Sayur dan Buah Layu Bisa Kena Penyakit Berbahaya
Artikel Selanjutnya
Manfaat Kesehatan Tersembunyi di Balik Bumbu Sayur Asem