Sukses

9 Manfaat Peterseli yang Perlu Kamu Tahu

Liputan6.com, Jakarta Peterseli adalah herba yang seringkali digunakan untuk membuat salad dan sandwich. Peterseli kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin E, mineral seperti tiamin, riboflavin, niacin, asam pantotenat, folat, kolin, magnesium dan zat besi.

Selain itu, peterseli juga memiliki khasiat kesehatan seperti mengendalikan diabetes, kanker, rheumatoid arthritis, osteoporosis, obat pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berikut ini sembilan manfaat penting peterseli yang dilansir dari Boldsky, Kamis (6/7/2017).

1. Mencegah kanker

Ini adalah salah satu manfaat peterseli yang kerap dipercaya orang. Peterseli mengandung flavonoid tingkat tinggi seperti myricetin dan apigenin yang membantu mengurangi bahaya seseorang yang tertular beberapa jenis kanker seperti kulit, payudara, kanker saluran pencernaan dan prostat. Hal ini terutama disebabkan oleh sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

2. Mencegah diabetes

Peterseli mengandung myricitin yang membantu mencegah diabetes. Bahan kimia ini membantu menurunkan kadar gula darah dan juga mengurangi resistensi insulin dan membawa efek anti-inflamasi ke tubuh.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Ramuan ini mengandung asam folat dan vitamin B yang penting untuk membantu meningkatkan kesehatan.

Asam folat membantu konversi homocysteine menjadi molekul jinak--yang berhubungan langsung dengan kesehatan kardiovaskular. Inilah salah satu manfaat kesehatan peterseli. 

4. Mencegah peradangan

Karena kemampuannya mencegah peradangan, peterseli diketahui dapat mengobati gigitan serangga, sakit gigi, memar dan kulit kasar. Ini juga membantu mengurangi radang internal dan sifat anti-hepatotoksisitas yang membantu membersihkan hati.

5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Peterseli juga kaya akan sumber vitamin, mineral dan antioksidan yang memiliki berbagai efek pada sistem kekebalan tubuh. Herba ini juga mengandung vitamin A yang bekerja langsung pada sel darah putih atau limfosit.

6. Memiliki efek diuretik

Ramuan ini telah digunakan selama beberapa dekade sekarang sebagai diuretik yang membantu mengendalikan sejumlah penyakit seperti batu ginjal, batu empedu dan infeksi saluran kemih.

7. Meningkatkan kesehatan tulang

Peterseli adalah sumber kaya vitamin K dan kalsium yang membantu meningkatkan kesehatan tulang. Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan risiko patah tulang lebih tinggi dan termasuk jumlah tinggi vitamin K dalam makanan dapat membantu mencegah kondisi ini.

8. Kaya akan Antioksidan

Sejumlah manfaat kesehatan peterseli datang karena sifat antioksidannya. Sayuran ini mengandung flavonoid, terutama luteolin yang merupakan antioksidan yang dapat mengikat radikal bebas.

9. Detoksifikasi tubuh

Peterseli juga mengandung apigenin dan myristicin yang membantu meningkatkan produktivitas enzim hati dan mampu mendetoksifikasi tubuh.

 

 

 

 

Artikel Selanjutnya
Tak Punya Passion? Kenali Keahlian Anda Dengan Cara Berikut
Artikel Selanjutnya
Meski Mampu, Perlukah Borong Barang Bermerek?