Sukses

Apa Gunanya Makan Cokelat Hitam Setiap Hari?

Liputan6.com, Jakarta Ganti kebiasaan makan apel dengan makan cokelat jika Anda ingin "menjauh" dari dokter. Rutin makan sepotong cokelat setiap hari dapat melindungi otak, karena kandungan di dalam camilan manis satu ini dapat meningkatkan kesehatan kognitif kita. 

Cokelat hitam (dark chocolate) paling dianjurkan untuk rutin kita santap. Menurut hasil penelitian di Universitas L'Aquila, Italia, cokelat hitam dikemas dengan antioksidan dan zat besi yang dapat meningkatkan kerja memori kita.

"Asupan cokelat dan kakao bisa memberikan efek menguntungkan pada fungsi kognitif dari waktu ke waktu," kata dua peneliti, Valentina Socci dan Michele Ferrara.

Hasil penelitian yang dipublikasikan ke dalam jurnal Frontiers in Nutrition disebutkan bahwa lansia yang berisiko mengalami penurunan memori mendapat banyak keuntungan jika dibiasakan makan cokelat pahit.

Selain itu, kata dia, cokelat hitam dikemas dengan lebih banyak flavanol daripada susu. Flavanol juga terdapat di apel, pir, anggur, dan buah-buahan sehat lainnya.

Flavanoid dapat menyehatkan sistem kardiovaskular, yang berarti dapat mengalirkan darah ke otak lebih baik. Meski begitu, tetap harus hati-hati dalam menyantap cokelat hitam yang banyak dijual di pasaran karena mengandung gula yang tinggi.

Direktur Nutrisi di Good Housekeeping Institute, Jacklyn London, menjelaskan, 1 ons cokelat hitam (takaran yang dianjurkan untuk satu hari) berisi 150-200 kalori. 

Michelle Tania

Artikel Selanjutnya
Ide Menu Sarapan Pagi yang Praktis dan Wajib Coba
Artikel Selanjutnya
Mengapa Anda Tidak Bisa Berhenti Makan? Ini 8 Alasannya