Sukses

Kapan Saat Tepat untuk Konsultasi Vertigo Ke Dokter?

Vertigo merupakan salah satu penyakit yang sering diabaikan. Padahal, sebaiknya dikonsultasikan secara dini.

Liputan6.com, Jakarta Jangan sepelekan gejala vertigo. Sebab, penyakit ini dapat mengindikasikan masalah neurologis.

Dr Pawan Ojha dari Klinik Sakit Kepala & Vertigo menjelaskan mengapa mengabaikan vertigo bisa berbahaya dan kapan saat yang tepat untuk berkonsultasi dengan dokter, seperti dilansir dari The Health site, Rabu (5/7/2017).

"Saat vertigo, sistem vestibular mengirimkan sinyal ke otak hingga menimbulkan gejala kelesuan, pusing, perasaan berputar atau ketidakseimbangan," katanya.

Kasus yang parah bahkan bisa mempengaruhi psikologis pasien, menyebabkan rasa tidak aman, takut akan psikosis, dan depresi. Vertigo atau ketidakseimbangan bisa berupa sentral (neurologis yang berhubungan dengan otak) atau perifer (vestibular atau yang berhubungan dengan telinga).

Seseorang harus mencari bantuan segera jika mengalami vertigo yang berhubungan dengan mual dan muntah parah. Selain itu juga pada vertigo yang tiba-tiba, yang berhubungan dengan ketidakseimbangan, kelemahan, kesulitan berbicara, menelan atau gejala neurologis yang parah, sebaiknya jangan diabaikan, tetapi segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Jika Anda mengalami gejala neurologis tersebut, maka itu bisa mengindikasikan masalah serius seperti stroke atau tumor otak. Dan karena vertigo tak bisa disepelekan, Anda mungkin memerlukan perhatian medis segera dan intervensi tepat waktu.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.