Sukses

Daun Ubi Jalar Diklaim Ampuh Obati DBD, Benarkah?

Pendapat praktisi herbal tentang pesan berantai yang mengatakan daun ubi jalar bermanfaat sebagai obat DBD.

Liputan6.com, Jakarta Pesan berantai yang mengatakan daun ubi jalar sebagai obat demam berdarah dengue (DBD) sudah beredar. Pesan ini banyak beredar di di grup WhatssApp dan media sosial.

Disebutkan dalam pesan berantai itu, daun ubi jalar ampuh mengatasi DBD. Diungkapkan juga daun yang disingkat Ular (Ubi Jalar) ini kerap digunakan tim militer sebagai obat saat sakit di hutan atau tempat terpencil lainnya.

Salah satu cara mendapatkan manfaat daun ubi jalar dengan merebusnya selama lima menit. Air rebusan kemudian diminum seperti pengganti air minum. Dengan cara ini katanya bisa meningkatkan trombosit pasien demam berdarah.

Menurut konsultan dan praktisi herbal, dokter Prapti Utami, pesan berantai ini sudah lama beredar tapi kebenarannya belum diketahui dengan pasti. Belum ada penelitian klinis yang menyebutkan daun ubi jalar bisa meningkatkan trombosit.

"Saya belum eksplorasi jurnal, tapi berdasarkan grup di Facebook yang beranggotakan 12 ribu orang, banyak yang cerita berhasil menaikkan trombosit. Ini berarti manfaatnya baru secara empiris atau uji manfaat," kata Prapti saat dihubungi Health-Liputan6.com, Rabu (5/7/2017).

Meski banyak yang membuktikan usai mengonsumsi daun ubi jalar trombosit naik, tetap perlu ke rumah sakit bila terkena DBD.

"Setelah mendapatkan pengobatan medis boleh-boleh saja diberikan daun ubi jalar. Daun ubi jalar ini sebagai makanan fungsional atau makanan yang bermanfaat bagi kesehatan," pesan Prapti.

Mengenai nutrisi daun ubi jalar sudah disebutkan dalam Jurnal HortScience. Daun berwarna hijau tua ini mengandung vitamin B6 tiga kali lebih banyak dari ubi jalar. Lalu, vitamin C juga lima kali dan riboflavin 10 kali lebih banyak dari ubi jalar.

Selain itu, daun ubi jalar juga mengandung karbohidrat, protein, kalsium dan zat besi. Selain itu juga kaya beta karoten dan lutein yang baik untuk mata.

 


Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Demam berdarah dengue atau disingkat DBD, atau disebut juga demam dengue/demam berdarah, adalah infeksi yang disebabkan oleh virus dengue.

    DBD

  • Daun Ubi Jalar

Video Terkini