Sukses

Daun Ubi Jalar, Kerap Dibuang padahal Kaya Nutrisi

Tak banyak yang tahu daun ubi jalar bisa dikonsumsi, selama ini sebagian besar orang memanfaatkan umbinya saja.

Liputan6.com, Jakarta Tak banyak yang tahu bahwa daun ubi jalar bisa dikonsumsi. Selama ini sebagian besar orang memanfaatkan umbinya saja. Padahal, daun ubi jalar kaya vitamin yang bisa dikonsumsi.

Bukti tentang nutrisi daun ubi jalar terdapat dalam jurnal HortScience. Daun berwarna hijau tua ini mengandung vitamin B6 tiga kali lebih banyak dari ubi jalar itu sendiri. Lalu, vitamin C juga lima kali dan riboflavin 10 kali lebih banyak dari ubi jalar.

Selain itu, daun ubi jalar juga mengandung karbohidrat, protein, kalsium, dan zat besi. Tak ketinggalan, daun itu pun kaya beta karoten dan lutein yang baik untuk mata.

Ditilik dari kandungannya, daun ubi jalar mirip dengan bayam. Namun, asam oksalat di ubi jalar lebih sedikit, sehingga rasa sayuran ini tidak setajam bayam, seperti mengutip Prevention, Selasa (4/7/2017).

Bila dimasak, daun ubi jalar memiliki tekstur lebih lembut dan rasanya tidak sepahit kale. Orang Jawa biasanya memasak daun ubi jalar sebagai lalapan yang dicocol dengan sambal brambang asam khas Solo.

Daun ubi jalar juga bakal lezat bila ditumis. Rasanya pun tak kalah nikmat dari tumis kangkung atau genjer. Pastikan memilih daun ubi jalar yang muda, ya, sebelum dimasak.

 

 

 

Saksikan juga video berikut:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini