Sukses

Agar Tak Bosan, Masak Ikan Jangan Cuma Dibakar dan Goreng

Cara mengolah yang monoton dapat membuat kita bosan makan ikan.

Liputan6.com, Jakarta Kecenderungan masyarakat kita masak ikan dengan cara dibakar atau digoreng. Padahal, cara mengolah yang monoton dapat membuat kita bosan makan ikan.  

"Ikan di sekitar banyak tapi tidak mereka konsumsi. Karena kebanyakan hanya bisa memasak ikan digoreng dan dibakar saja. Anak-anak jadi bosan makan ikan," kata Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, Anung Sugihantono.
 
Tak heran bila asupan orang Indonesia makan ikan rendah. Menurut Kepala Staf Kepresidenan, Teten Masduki saat ini warga Indonesia makan ikan sekitar 40 kilogram per tahun dari target 54 kg/tahun pada 2019.
 
"Dibandingkan negara tetangga kita masih rendah. Padahal, sekitar 70 persen daerah di Indonesia adalah air dan di air ada ikan," kata Masduki dalam konferensi pers Lomba Makan Ikan Nusantara di Kantor Staf Presiden Jakarta, Senin (3/7/2017).
 
Sebagai salah satu cara mengajak masyarakat berkreasi, pemerintah mengadakan Lomba Masak Ikan Nusantara. Diharapkan, masyarakat bisa berkreasi dengan aneka olahan ikan, tidak melulu dibakar atau goreng. Untuk pemenang kompetisi ini, masakannya akan dicicipi Presiden Joko Widodo pada 17 Agustus 2017.
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.