Sukses

Ejakulasi 21 Kali Sebulan Bisa Cegah Risiko Kanker

Liputan6.com, Jakarta Diet, olahraga dan pemeriksaan rutin adalah cara paling efektif untuk menjaga kesehatan dan mencegah kanker. Namun para ilmuwan dari Harvard University menemukan cara menarik untuk mencegah kanker prostat.

Dalam jurnal yang diterbitkan European Urology, periset menemukan, tingkat seksual yang tinggi dapat mengurangi risiko kanker prostat.

Seperti dimuat Indy100, Senin (3/7/2017), studi dilakukan dengan mengamati aktivitas seksual 32.000 pria. Dan mereka yang mengalami tingkat ejakulasi tinggi cenderung memiliki risiko rendah kanker prostat.

"Pria yang sering ejakulasi, cenderung tidak terdiagnosis kanker prostat. Studi prospektif ini memberikan bukti kuat bahwa ejakulasi dapat mencegah kanker prostat," kata peneliti.

Lantas, berapa kali anda harus berejakulasi sebulan? Peneliti percaya bahwa 21 kali ejakulasi dalam sebulan akan melindungi Anda dari kanker prostat.

"Pria yang mengalami ejakulasi setidaknya 21 kali sebulan memiliki risiko kanker prostat 33% lebih rendah daripada mereka yang tidak," ujar peneliti.

Tentu saja, ejakulasi saja tidak akan sepenuhnya menyelamatkan prostat Anda. Para ahli memperingatkan bahwa obesitas, merokok, makanan olahan berlemak tinggi dan faktor keturunan juga merupakan faktor risiko kanker prostat.

Konsultan nutrisi, Dr. James Balch juga menyarankan pria untuk mengonsumsi makanan sehat untuk mencegah kanker prostat. "Jika seks tidak cukup, maka konsumsi tomat, kopi organik, lemak nabati, olahraga dan tidak merokok untuk membantu mencegah kanker prostat."

Untuk diketahui, kecenderungan angka prevalensi kanker prostat saat ini terus meningkat. Data Globocan 2008 menunjukkan, kanker prostat telah menjadi penyebab kematian akibat kanker yang ketiga pada pria setelah kanker paru dan kanker usus besar dan merupakan penyebab utama kematian akibat kanker pada pria di atas usia 74 tahun.

 

 

Artikel Selanjutnya
Waspadai 5 Kondisi yang Bisa Jadi Petanda Kanker Paru
Artikel Selanjutnya
Rajin Cuci Tangan Bisa Cegah Kanker Serviks