Sukses

Porsi Makan Paling Pas untuk Menambah Berat Badan

Bukan hanya diet turun berat badan saja yang sulit untuk dilakukan individu, tapi upaya menaikan berat badan juga tak mudah lo...

Liputan6.com, Jakarta Menambah asupan makan mungkin terdengar mudah untuk menaikkan berat badan, tapi ada aturan tertentu yang tidak diketahui dengan benar. Seperti apa ya?

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal, menemukan cara paling tepat untuk mengatur porsi makan dalam menambah atau mengurangi berat badan. Untuk menambah berat badan, individu harus menambah tiga kali porsi makan normalnya.

Peneliti membuat kotak Mealkitt dalam tiga ukuran berbeda. Porsi ideal untuk orang yang ingin menurunkan berat badan, porsi sedang untuk individu yang ingin mempertahankan berat badan, dan porsi terbesar bagi mereka yang ingin menambah berat badan.

Peneliti juga membagikan aturan kalori bagi pria dan wanita untuk mengatur diet naik dan turun berat badan seperti dikutip laman New Beauty, Senin (3/7/2017).

1. Turun berat badan

Makanan harus terdiri dari protein 45 persen, lemak 35 persen dan 20 persen karbohidrat. Wanita perlu makan 1.400 kalori per hari dan pria perlu makan 1.900.

2. Pertahankan berat badan 

Makanan harus terdiri dari 35 persen protein, 30 persen lemak dan 40 persen karbohidrat. Wanita harus makan 2.000 kalori sehari dan pria 2.500 kalori per hari.

3. Menambah berat badan

Makanan harus terdiri dari 30 persen protein, 20 persen lemak dan 50 persen karbohidrat. Wanita harus makan 2.600 kalori sehari, sementara pria 3.100 sehari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.