Sukses

Olahraga 30 Menit Cukup untuk Bangkitkan Percaya Diri

Liputan6.com, Jakarta Berolahraga tak hanya memberi manfaat pada kesehatan tubuh, tapi juga ampuh meningkatkan rasa percaya diri. Menurut studi yang dimuat dalam Psychology of Sport and Exercise, berolahraga selama 30 menit cukup untuk membuat Anda merasa lebih baik terhadap citra tubuh.

Olahraga memang membantu mengencangkan otot dan membakar lemak. Namun peneliti dari University of British Columbia menemukan, olahraga 30 menit membantu memperbaiki persepsi mental.

Contohnya ketika para wanita yang menjadi fokus studi merasa tak percaya diri dengan penampilannya bersepeda selama 30 menit, mereka akan merasa lebih ramping dan kuat setelahnya. Yang terpenting, perasaan puas itu tetap dirasakan sepulang mereka dari gym, mengutip Purewow, Senin (3/7/2017).

Peneliti mencermati bahwa hal sedikit sekali terkait dengan pelepasan hormon endorfin, melainkan lebih kepada intensitas latihan dan tujuan yang ditetapkan ketika berlatih.

Bersepeda memberi pengalaman dan tantangan tersendiri. Individu akan menjadi lebih percaya diri setelah mampu menaklukkan rute-rute menantang seperti perbukitan dan jarak tempuh yang panjang. Ini akan membangun citra mental positif.

Artikel Selanjutnya
Kisah Haru Pahlawan Timnas U-22 Saat Bertemu Thailand
Artikel Selanjutnya
6 Hal yang Tidak Boleh Anda Lakukan Setelah Olahraga