Sukses

Langsung Mandi Saat Berkeringat, Boleh atau Tidak?

Usai beraktivitas di bawah teriknya matahari yang membuat tubuh berkeringat, wajar saja jika Anda ingin langsung mandi.

Liputan6.com, Jakarta Usai beraktivitas di bawah teriknya matahari yang membuat tubuh berkeringat, wajar saja jika Anda ingin langsung mengguyur tubuh dengan air. Sayangnya, langsung mandi dalam kondisi berkeringat dapat menyebabkan masalah kulit.

Dikutip dari Goody Feed, Minggu (2/7/2017), mandi saat berkeringat akan membuat tubuh kaget. Saat tubuh berkeringat, seluruh pori-pori kulit sedang terbuka. Bila keringat langsung terbasuh air, dapat menyebabkan kekeringan pada kulit bahkan bercak putih di badan.

Dr. Melyawati Hermawan, Sp.KK menjelaskan, bercak putih yang muncul merupakan salah satu bentuk penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur pityriasis versicolor. Biasanya lebih dikenal dengan sebutan panu.

Masalah ini sering ditemui pada orang usia produktif, yaitu remaja dan dewasa muda. Jamur ini sangat menyukai minyak yang ada di permukaan kulit. Terutama mereka yang tinggal di area beriklim panas dan lembap. Jamur ini sangat menyukai minyak yang ada di permukaan kulit.

"Karenanya, apabila kulit sering berkeringat dan dibiarkan lembap, jamur akan tumbuh subur dan menyebabkan kelainan pada kulit," Mely menjelaskan.

Lantas bolehkah mandi saat berkeringat?

"Pertimbangannya adalah sesuaikan dengan kenyamanan, waktu, dan jenis kulit. Bila Anda merasa nyaman setelah mandi, memiliki waktu lebih, dan kulit cenderung berminyak, silakan lakukan," ujar Mely dikutip dari Klikdokter.com.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini