Sukses

Risiko Bila Ibu Menyusui Anak Hingga Lewat Usia 2 Tahun

Ternyata ada bahaya yang ditimbulkan bagi anak bila ibu menyusuinya hingga melewati usia 2 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Menyusui memiliki banyak manfaat, tak hanya bagi bayi, tetapi juga untuk sang ibu. Namun, ternyata ada bahaya yang ditimbulkan bagi anak bila ibu menyusuinya hingga melewati usia dua tahun.

Menyusui anak hingga lewat dari usia dua tahun bisa meningkatkan risiko gigi bolong parah ketika anak mencapai umur lima tahun. Hal ini diungkap oleh para peneliti dari University of Adelaide, Australia, mengutip laman New York Post, Minggu (2/7/2017).

Untuk meneliti dampak dari menyusui terlalu lama pada gigi anak, para peneliti yang dikepalai Karen Glazer Peres menganalisis data 1.129 anak yang lahir pada 2004 di Pelotas, Brasil. Hasilnya, hampir 24 persen dari jumlah anak tersebut mengalami karies gigi parah pada usia lima tahun. Karies gigi yang dimaksud adalah adanya enam atau lebih gigi busuk, tanggal, atau gigi penuh tambalan.

Menurut penelitian yang dimuat dalam jurnal Pediatrics ini, hampir setengah jumlah anak tersebut setidaknya mengalami satu permukaan gigi yang terinfeksi. Sementara, anak-anak yang menyusu hingga setidaknya dua tahun (jumlahnya hampir seperempat dari seluruh partisipan) memiliki gigi berlubang yang lebih banyak. Risiko mereka untuk mengalami karies gigi parah menjadi 2,4 kali lebih tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.