Sukses

Arus Balik Macet, Pengemudi Keluhkan Lelah dan Masalah Pencernaan

Kebanyakan masalah pengemudi adalah kelelahan dan masalah pencernaan,

Liputan6.com, Jakarta Puncak arus balik telah meningkat sejak Jumat (30/6) dan diprediksi akan semakin padat hingga Minggu (2/7). Pemudik diharapkan waspada dalam hal kesehatan, terutama di KM 66 yang menjadi titik temu antara Tol Cipularang dan Cipali bilamana terjadi penumpukan.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan, Menteri Kesehatan Prof. Nila F Moeloek bersama Kapolri Tito Karnavian dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan petugas di rest area KM 62, Dawuan, Cikampek, Jawa Barat.

"Peninjauan dilakukan untuk menjamin kesiagaan petugas kesehatan di pos-pos kesehatan. Kemenkes masih tetap menyiagakan Poskes dan fasyankes sampai dengan H+7," kata Menkes Nila, seperti dimuat dalam keterangan pers, Sabtu (1/7/2017).

Semua sektor dalam hal ini Kemenkes, Kapolri, dan Kemenhub, serta pemerintah daerah bisa waspada dan membantu melancarkan arus balik.

Upaya Kemenkes melalui Dinkes Kabupaten Karawang untuk menjaga kesehatan pemudik dengan menyiapkan posko kesehatan, dua unit ambulans roda dua dan roda empat.

Menurut petugas kesehatan dari Dinkes Karawang, Ace Rusadi, Pos kesehatan di rest area tersebut telah disiagakan dari H-7 Lebaran. Kesiagaan itu sebagai bentuk antisipasi agar peristiwa tahun lalu di Brexit tidak terulang kembali.

“Awalnya dari Brexit tahun kemarin. Kita tidak ingin itu terjadi lagi,” kata Ace.

Tahun ini, tambah Ace, tidak ada informasi kecelakaan karena masalah kesehatan. Kebanyakan pengendara yang kelelahan, langsung berhenti di rest area. Dan untuk yang berhenti di rest area KM 62 karena masalah kesehatan langsung ditangani oleh petugas.

“Kebanyakan masalah pengemudi dikarenakan faktor kelelahan, ada juga pencernaan,” ujar Ace.

Ia menyarankan agar pengendara dapat memanfaatkan nomor 119 untuk menanggulangi masalah kesehatan selama di perjalanan. Terutama bila mengalami masalah kesehatan di tengah kemacetan dan jauh dari rest area.

Selain meninjau pos kesehatan di pelabuhan Merak dan beberapa titik di Jawa Barat, Menkes bersama Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes Bambang Wibowo juga memantau beberapa titik di wilayah Jawa Tengah.

Pada kesempatan sebelumnya, Menkes mengimbau kepada pengendara agar menyiapkan fisik yang sehat dan prima sebelum melakukan perjalanan mudik dan arus balik, tidak meminum obat yang menyebabkan kantuk, istirahat setiap empat jam perjalanan, mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, dan bila sakit manfaatkan pos kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini