Sukses

Jika Mau Panjang Umur, Tiru Cara Warga Desa Satu Ini

Sebuah desa di Italia bernama Pioppi warganya sebagian besar hidup hingga 100 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah desa di Italia bernama Pioppi memiliki penduduk yang sebagian besar panjang umur. Mereka hidup rata-rata hingga 100 tahun. UNESCO menyebut kebiasaan warga di sana bisa menjadi contoh bagi masyarakat luas.

Dalam satu studi, sebagian besar penduduknya menjalani diet Mediterania sehingga tak heran bila juga disebut sebagai desa paling sehat sedunia. Lalu, apa rahasia mereka jadi panjang umur?

Salah satu rahasianya, ternyata kebiasaan mereka mengonsumsi makanan manis satu kali seminggu.

"Diet merupakan faktor penting karena makanan juga adalah obat," kata dokter yang meneliti gaya hidup orang Pioppi, Aseem Malhotra.

Orang-orang di desa ini hanya mengonsumsi makanan pencuci mulut (dessert) pada hari Minggu, mereka juga membatasi asupan pizza hanya sekali atau dua kali sebulan. Meski mereka tidak olahraga di gym, tubuh mereka bugar karena banyak bergerak.

Selain itu, mereka juga memiliki tingkat stres yang rendah. Satu lagi, mereka tidur paling tidak tujuh jam per malam.

"Agar panjang umur, perubahan gaya hidup itu lebih hebat manfaatnya dibandingkan obat-obatan yang diresepkan dokter," pesan Maholtra mengutip Reader's Digest, Sabtu (1/7/2017).

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini