Sukses

Jangan Asal Buang, Manfaatkan Kembali 4 Sampah Ini

Jangan buang kulit apel dan bagian tengahnya, sampah itu bisa menjadi selai lho. Yuk sontek cara mengubahnya.

Liputan6.com, Jakarta Seringkali sampah rumah tangga langsung kita buang. Namun, untuk beberapa sampah jangan langsung buang, ya, karena ada beberapa benda yang sebenarnya bisa dimanfaatkan kembali.

Mulai dari kulit jeruk sampai biji kurma, berikut olahan sampah menjadi sesuatu seperti mengutip Blossom, Sabtu (1/7/2017).

1. Kulit jeruk

Bila ingin suasana rumah jadi wangi dan romantis, manfaatkan sisa kulit jeruk. Bentuk kulit jeruk yang setengah lingkaran pas dimanfatakan sebagai sumber cahaya. Caranya, tuang minyak ke dalam kulit jeruk yang telah disisakan bagian tengahnya. Voila ... bisa menjadi lilin yang menyebarkan rasa wangi.

2. Kulit apel

Sering kali kulit dan bagian tengah apel dibuang. Nah, jika sedang banyak mengonsumsi apel, kumpulkan itu semua. Lalu masukkan ke dalam wajan anti lengket, tambahkan satu cangkir air, lalu tambahkan gula pasir satu cangkir. Masak sampai mendidih. Setelah itu, masukkan ke dalam wadah hingga dingin. Jadilah selai apel.

3. Kulit kentang

Siapa sangka kulit kentang bisa menjadi keripik renyah? Maka itu jangan buang dulu kulit kentang ya.

Setelah dicuci bersih, masukkan dalam tempat pemanggang. Lalu tambahkan minyak, garam, lada. Aduk rata. Panggang selama 30 menit di suhu tinggi.

4. Biji kurma

Biji kurma bisa menjadi kopi, lho. Caranya cuci bersih biji kurma, lalu panaskan di wajan hingga kecokelatan. Sesudahnya blender hingga menjadi bubuk. Ya, biji kurma yang tadinya sampah kini siap diseduh menjadi minuman.

 

 

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.