Sukses

Cara Biasakan Anak Main di Luar Rumah

Di era serba teknologi ini membuat anak malas bermain di luar rumah, tapi orangtua bisa melakukan ini untuk menyiasatinya.

Liputan6.com, Jakarta Di era serba teknologi ini membuat anak malas bermain di luar rumah. Mereka lebih memilih duduk atau berleyeh-leyeh sambil menggenggam ponsel atau bermain video gim. Padahal, sejak dini anak harus dibiasakan beraktivitas dan bermain di luar rumah agar terpapar matahari dan udara segar.

Lantas apa yang harus dilakukan orangtua jika anak enggan bermain di luar rumah?

Angela Hanscom, pemilik TimberNook, sekaligus penulis buku berjudul Balanced and Barefoot: How Unrestricted Outdoor Play Makes for Strong, Confident, and Capable Children, memberikan trik untuk mengajak si kecil senang bermain di luar rumah.

Ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk menyingkirkan kebiasaan main gawai si kecil.

1. Membersihkan halaman rumah

Mengajak anak untuk melakukan pekerjaan rumah seperti membersihkan halaman rumah, bercocok tanam, atau sekadar menyiram tanaman bisa menjadi siasat cerdas untuk membiasakan si kecil bermain di luar rumah.

Menurut Hanscom, ini adalah cara yang baik untuk mulai mengenalkan anak bermain bebas di luar rumah.

2. Dekorasi halaman rumah

Mengajak anak mendekorasi halaman rumah atau menata ulang ruangan di luar rumah, bisa menjadi cara lain untuk membiasakan si kecil bermain di luar rumah. 

3. Ajak teman bermain di rumah

"Saya selalu mengajak anak dan teman anak-anak saya bermain bersama di halaman rumah. Bermain genangan lumpur, masuk ke dalam hutan, sampao berkemah dan berekreasi bisa menjadi cara untuk membiasakan mereka bermain di luar rumah," kata Hanscom dikutip dari Free Range Kids, Jumat (30/6/2017).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini