Sukses

Kenapa Telur Ada yang Berwarna Terang dan Kecokelatan, Ya?

Jika dicermati, setidaknya ada dua macam warna kulit telur, yang terang dan kecokelatan. Kenapa ya?

Liputan6.com, Jakarta Ada segudang manfaat telur, mulai dari mendorong perkembangan saraf dan otak janin, memperbaiki gizi anak, membantu menurunkan berat badan, hingga menyehatkan dan mempercantik kulit.

Namun, pernahkah Anda memperhatikan warna cangkang telur? Jika dicermati, setidaknya ada dua macam warna kulit telur, yang terang dan kecokelatan. Kenapa ya? Apakah warna kulit telur berkaitan dengan kandungan nutrisinya?

Melansir laman Purewow, Jumat (30/6/2017), warna cangkang telur tersebut ternyata dipengaruhi oleh warna bulu ayam petelur. Ayam berbulu putih cenderung menghasilkan telur bercangkang lebih terang atau putih. Sementara ayam berbulu merah atau cokelat menghasilkan telur bercangkang cokelat.

Apakah telur bercangkang putih lebih sehat dibandingkan telur bercangkang cokelat atau sebaliknya? Tro V. Bui, peneliti bidang animal science di Cornell University mengatakan, telur dengan cangkang cokelat bisa jadi memiliki kandungan asam lemak omega-3 sedikit lebih banyak. Namun, perbedaan kandungan tersebut tidak terlalu signifikan, sehingga tidak terlalu berpengaruh pada kadar nutrisi telur secara keseluruhan.

Mana yang lebih lezat? Kedua jenis telur tersebut tak memiliki perbedaan rasa. Jadi, Anda bisa mengonsumsi telur warna apa pun dan dapatkan manfaatnya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.