Sukses

Dampak Buruk Sering Gunakan Kosmetik Waterproof

Tahukah Anda, ada dampak buruk yang bisa timbul bila terlalu sering menggunakan kosmetik tersebut?

Liputan6.com, Jakarta Kosmetik waterproof begitu populer di kalangan wanita karena tak mudah luntur. Namun tahukah Anda, ada dampak buruk yang bisa timbul bila terlalu sering menggunakan kosmetik tersebut?

Seperti disampaikan dr. Sara Elise Wijono MRes dari Klikdokter, kosmetik waterproof dapat membuat kulit sulit bernapas sehingga akan memudahkan munculnya jerawat.

"Agar kulit tetap sehat, selalu bersihkan (kosmetik) secara benar setelah pemakaian. Untuk itu, Anda perlu membeli makeup remover khusus untuk produk waterproof," katanya, seperti dimuat laman Klikdokter.

Untuk maskara, bahan waterproof dapat membuat bulu mata Anda kering. Bila pembersih kosmetiknya tidak sesuai, dapat menimbulkan gesekan berlebihan sehingga bulu mata rentan lepas.

Selain itu, perhatikan kandungan kosmetik yang Anda gunakan. Jika bahan utamanya adalah silikon, sebaiknya tinggalkan. Bahan tersebut rentan menimbulkan iritasi pada kulit, jerawat, bahkan reaksi alergi pada kulit.

Jadi agar wajah Anda terhindar dari berbagai masalah kulit, gunakanlah kosmetik waterproof hanya pada acara-acara istimewa.

"Hindari menggunakan kosmetik ini untuk kegiatan sehari-hari. Selain itu, hapuslah kosmetik waterproof dengan baik agar kulit wajah tetap sehat," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.