Sukses

Jelang Menopause, Wanita Perlu Rutin Makan Tahu

Manfaat tahu bisa menurunkan kadar kolesterol hingga baik untuk wanita menopause.

Liputan6.com, Jakarta Tahu, produk olahan yang berasal dari kedelai ini tak sekadar nikmat dan mengenyangkan perut, tetapi ia juga memiliki banyak manfaat hebat untuk kesehatan. Salah satunya mengurangi kadar kolesterol jahat di tubuh.

Dilansir laman The Health Site, Kamis (29/6/2017), tahu memiliki rupa yang kurang menarik karena warnanya yang putih pucat, tetapi tahu mengandung isoflavon yang mampu mengurangi kadar kolesterol jahat di tubuh. Sehingga makan tahu secara rutin juga dapat bantu cegah penyakit kardiovaskular.

Berikut keuntungan dari rutin mengonsumsi tahu untuk kesehatan tubuh Anda.

- Kelola hot flashes saat menopause

Tahu memiliki kandungan kalsium dalam dosis tinggi yang dibutuhkan oleh wanita yang mengalami menopause dan ini membantu mengurangi hot flashes (kenaikan suhu tubuh). Selain itu, tahu juga dapat mencegah risiko keropos tulang yang terjadi pada masa menopause. 

- Turunkan risiko kanker

Tahu menjadi sumber selenium yang baik dan juga sumber mineral yang dibutuhkan tubuh yang berfungsi sebagai sistem antioksidan, untuk melindungi tubuh dari kanker usus besar. Terlebih, makan tahu secara rutin juga mampu mengurangi risiko kanker prostat pada pria.

Suatu penelitian juga menemukan, wanita yang mengonsumsi tahu dengan rutin--60 persen--menurunkan kemungkinan risiko kanker payudara dibanding wanita yang lebih sedikit atau tidak makan tahu sama sekali.

- Perlambat proses penuaan

Manfaat lain dari makan tahu secara teratur adalah memperlambat proses penuaan. Tahu dapat membantu mempertahankan elastisitas kulit dan memberi nada pada otot wajah yang mencegah penuaan.

- Rambut tumbuh subur

Pertumbuhan rambut manusia membutuhkan asupan protein yang disebut keratin dan Anda bisa mendapatkannya dari makan tahu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini