Sukses

3 Cara yang Dilakukan Jika Posisi Bayi Sungsang Jelang Kelahiran

Liputan6.com, Jakarta Jika bayi dalam janin berada pada posisi sungsang mendekati hari kelahiran, Anda mungkin akan merasa cemas. Apakah bayi dapat lahir normal lancar atau tidak? Posisi bayi sungsang terjadi ketika kepala bayi berada di atas dan kaki berada di bawah.

Pada minggu-minggu terakhir, dokter akan memeriksa, apakah bayi telah memasuki posisi ideal untuk lahir, yaitu kepalanya berada di dekat jalan lahir dan menghadap ke bawah. Sebagian besar bayi secara naluriah menyesuaikan diri dengan posisi ini. Namun, jika bayi masih dalam posisi sungsang, maka lebih aman melakukan persalinan melalui operasi caesar.

Untuk mengatasi posisi bayi sungsang, ada hal yang bisa ibu lakukan, sesuai ditulis dari Parents, Kamis (28/6/2017).

1. Jadwalkan cephalic eksternal

Pada usia 37 minggu, jika bayi sungsang, dokter akan menyarankan cephalic eksternal berupa pemberian tekanan pada perut dengan tangan untuk mencoba membuat bayi berbelok. Cara ini efektif mengubah posisi bayi dengan lebih dari 50 persen tingkat keberhasilan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bergerak

2. Bergerak

Berjalan-jalan dan meregangkan betis dapat membantu melonggarkan ligamen dan jaringan ikat pada rahim dan panggul. Cara ini dapat menciptakan lebih banyak ruang sehingga bayi sungsang dapat memutar tubuhnya dalam posisi normal untuk lahir.

Selama Anda mendapatkan izin dari dokter, Anda bisa lakukan jongkok yang dapat membantu posisi kepala bayi turun dengan benar mendekati jalan lahir. Posisikan tubuh Anda, punggung lurus, dan lebarkan kaki selebar bahu.

Tekuk lutut sampai jari-jari kaki melintang. Tahan selama 10 sampai 30 detik. Lakukan hingga beberapa kali.

3 dari 3 halaman

Buatlah rencana khusus

3. Buatlah rencana khusus

Anda harus membuat rencana khusus. Posisi bayi sungsang menyebabkan nyeri punggung bawah sehingga membuat ibu merasa tidak nyaman. Anda dapat duduk di atas bola bersalin (birthing ball) untuk membuat punggung lebih nyaman.

Jika Anda menggunakan epidural (bius lokal untuk mengatasi nyeri), cobalah berbaring dalam berbagai posisi. Cara ini dapat menemukan posisi apa yang paling nyaman untuk ibu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.