Sukses

Begini Cegah Sakit Setelah Lebaran

Liputan6.com, Jakarta Tentu kita tak ingin sakit selepas Lebaran. Selain memperhatikan asupan makanan dan minuman yang terlalu manis atau asin, serta mengurangi makanan yang digoreng yang akan mengiritasi saluran pernapasan kita, terdapat tips sehat lainnya yang dapat Anda terapkan sesudah Lebaran.

Berikut delapan tips sehat untuk mengantisipasi penyakit setelah Lebaran, seperti yang pernah diungkapkan praktisi kesehatan sekaligus dokter spesialis penyakit dalam dari FKUI RSCM, Ari Fahrial Syam, Kamis, 28 Juni 2017.

1. Perhatikan kualitas makanan dan minuman yang kita santap.

2. Perhatikan jumlah kalorinya. Menurut Ari, sekecil apa pun camilan manis yang kita makan, pasti mengandung kalori.

3. Usahakan hanya mengonsumsi satu macam lauk jika merasa telah cukup banyak mengonsumsi kue Lebaran. Kurangi juga nasi saat makan besar.

4. Hindari camilan yang mengandung cokelat, keju, dan berlemak. Ari menjelaskan bahwa kalori yang ada di lemak jumlahnya dua kali lebih besar dari karbohidrat.

5. Banyak minum lebih dari dua liter per hari.

6. Banyak mengonsumsi buah dan sayur-sayuran. Usahakan lima porsi saat makan pagi, siang, malam, dan di sela-sela waktu makan tersebut.

7. Tetap melakukan aktivitas fisik dan bergerak. Jika jarak untuk silaturahmi dapat dilakukan dengan berjalan, usahakan jalan kaki.

8. Usahakan tidur minimal enam jam setelah Lebaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.