Sukses

Anak Harus Minum Setiap Jam Selama Perjalanan Libur Lebaran

Liputan6.com, Jakarta Pada masa liburan Lebaran 2017, terhitung banyak masyarakat yang melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Selain untuk silaturahmi, disertai juga dengan berwisata bersama keluarga.

Satu hal yang mesti orangtua tahu adalah, jangan lupakan kebutuhan cairan untuk anak dan bayi yang ikut dibawa berlibur. 

Menurut dokter spesialis anak Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, Viramita Kusnandi Rusmil, anak harus dikasih minum setiap satu jam sekali selama perjalanan libur Lebaran tersebut.

"Terutama bagi yang membawa keluarga dengan sepeda motor, lebih baik berisitirahat dahulu barang satu jam saja," kata Viramita Kusnandi Rusmil kepada Health Liputan6.com, Bandung, Rabu, 28 Juni 2017.

Viramita Kusnandi Rusmil, menjelaskan, asupan cairan penting diperhatikan, terutama pemudik yang mengendarai motor, karena moda transportasi pribadi itu dapat menguras semua energi dan tenaga dengan sangat cepat. Kondisi cuaca turut memengaruhi terhadap kebutuhan cairan.

Dia menyebutkan, hal serupa juga diberlakukan bagi keluarga yang melakukan perjalanan libur Lebaran 2017 dengan menggunakan kendaraan roda empat. Meski tidak terlalu terpapar oleh kondisi cuaca, tapi harus tetap diperhatikan sehingga tidak berdampak menjadi penyakit.

"Jangan lupa juga membawa obat - obatan standar seperti penurun panas, diare serta vitamin saat melakukan perjalanan," ujar Viramitha.

Kondisi kesehatan menjadi salah satu prioritas pada saat masa libur Lebaran 2017. Terutama bagi bayi dan anak yang dibawa dalam perjalanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini