Sukses

Variasi Makanan Sehat untuk Tangkal Migrain

Dari berbagai jenis sakit kepala, bisa dibilang sakit kepala sebelah atau migrain adalah yang paling mengganggu.

Liputan6.com, Jakarta Dari berbagai jenis sakit kepala, bisa dibilang migrain adalah yang paling mengganggu.

Migrain merupakan kondisi kompleks dengan gejala yang sangat bervariasi. Bagi kebanyakan orang, yang utamanya adalah sakit kepala yang amat sangat di salah satu sisi kepala.

Gejala lainnya bisa juga diikuti dengan muntah dan tubuh menjadi sakit. Serangan migrain bisa menakutkan bagi sebagian orang, yang mengakibatkan Anda harus berbaring selama beberapa jam untuk mengatasinya.

“Migrain adalah gangguan neurobiologis yang melibatkan perubahan pada saraf dan pembuluh darah pada otak ketika terjadi serangan,” menurut Susan Broner, M.D., seorang direktur medis pada Manhattan Headache Center di Kota New York.

Sering kali migrain yang menyerang cukup berbahaya sehingga bisa mengganggu aktivitas Anda. Serangannya pun bisa bertahan antara empat jam hingga 3 hari jika memang tidak dirawat.

Banyak orang yang mendapatkan kesalahan informasi bahwa migrain yang mereka alami akibat dari sinus atau sakit kepala karena tegang. Namun, ternyata makanan, stres, dan hormon bisa menjadi penyebabnya.

Makanan tak hanya bisa menyebabkan migrain. Jika dipilih secara saksama, beberapa makanan sehat justru memiliki efek sebaliknya: mereka bisa mencegah atau mengusir migrain Anda.

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (28/6/2017), berikut makanan sehat yang bisa mencegah migrain:

 

Saksikan video menarik berikut: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Buah, sayur, dan kacang-kacangan

Buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan kesemuanya mengandung estrogen yang berasal dari tumbuhan yang bisa menumpulkan efek negatif dari estrogen tubuh yang secara alami ditimbulkan.

Secara khusus hal ini bisa membantu para wanita yang mengalami migrain akibat menstruasi mereka--yang kemungkinan terjadi akibat menurunnya estrogen secara tiba-tiba dalam tubuh. Dan alasan selanjutnya, semakin meningkatnya kadar estrogen secara keseluruhan pada tubuh ketika awal terjadi menstruasi, akan semakin jauh juga penurunan yang terjadi.

Serat yang terdapat dalam makanan pencegah migrain ini membantu menghilangkan sisa estrogen dari tubuh bersamaan ketika buang air, jadi tidak didaur ulang kembali di dalam tubuh.

Kelebihan utama lainnya dari makanan ini adalah: mereka rendah lemak. Ketika Anda memakan makanan rendah lemak, tubuh akan memproduksi estrogen yang lebih sedikit. Konsumsilah tujuh hingga 10 kali hidangan buah dan sayur dalam keseharian Anda.

3 dari 6 halaman

2. Lemak ikan

Anda tahu bahwa makanan ini sangat ramah untuk jantung Anda, tetapi salmon dan ikan berlemak lainnya (mackerel, trout, dan herring) juga bisa membantu mengurangi migrain. Ikan-ikan ini sangat kaya akan kandungan asam lemak EPA & DHA omega-3.

Beberapa penelitian awal pada senyawa anti-inflamasi ini yang dilakukan di University of Cincinnati menunjukkan, ketika dikonsumsi dalam bentuk suplemen, mereka membantu mengurangi tingkat berbahaya dan frekuensi migrain pada beberapa orang dalam jangka waktu penelitian selama enam minggu.

Penelitian yang dilakukan oleh universitas tersebut menggunakan kapsul yang mengandung 300 mg EPA dan DHA serta 700 mg minyak lainnya. Mengonsumsi empat kapsul 125 mg yang mengandung lemak ikan dalam satu minggu bisa menyediakan jumlah keuntungan sama yang digunakan dalam studi tersebut.

4 dari 6 halaman

3. Kopi

Walaupun kafein juga bisa memicu migrain pada beberapa orang, ketika migrain menyerang, beberapa cangkir kopi bisa membantu meringankan sakit yang ditimbulkan. Kafein sangat efektif untuk membantu mengecilkan pembuluh darah yang membengkak di otak, dan merupakan salah satu bahan pokok (bersama dengan acetaminophen dan aspirin) dalam obat migrain yang dijual di pasaran.
Oleh karena itu, silakan Anda meminum satu atau dua cangkir kopi ketika migrain menyerang.

5 dari 6 halaman

4. Jahe

Penelitian menunjukkan, rempah yang hangat ini mengandung beberapa senyawa potensial yang mirip dengan yang ada pada obat-obatan anti-inflamasi non-steroid. Senyawa tersebut bisa bekerja melawan migrain dengan mencegah sustansi inflamasi bernama prostaglandins.

Jahe belum pernah diuji coba secara ketat untuk meringankan sakit kepala, tetapi walaupun tidak dapat meredakan migrain Anda, jahe bisa membantu untuk menghilangkan mual yang sering kali datang bersamaan dengan migrain.

Tidak ada dosis yang dianjurkan, tetapi Anda bisa memulainya dengan menggunakan bubuk jahe sesuai selera pada masakan. Anda juga bisa memesan makanan yang mengandung jahe ketika Anda makan di tempat makan.

Atau ketika migrain menyerang, campurkan beberapa sendok teh jahe bubuk dalam segelas air untuk Anda minum setiap beberapa jam untuk meringankan sakit yang timbul. Atau cara paling sederhana: isaplah permen jahe.

6 dari 6 halaman

5. Makanan kaya akan magnesium

Gandum utuh, kacang polong, dan sayuran berdaun hijau gelap kesemuanya mengandung magnesium yang tinggi. Penelitian telah menunjukkan, orang-orang yang terkena migrain sangat kurang akan asupan tersebut.

Rendahnya tingkat magnesium diduga membuat otak menjadi ekstra sensitif terhadap pemicu migrain. Jumlah yang direkomendasikan untuk asupan magnesium adalah 310 hingga 320 mg untuk wanita, dan 400 hingga 420 mg untuk pria.

Cobalah untuk mendapatkan asupan sebanyak 400 hingga 700 mg setiap harinya untuk mencegah migrain jika memang Anda benar-benar mengalami kekurangan akan magnesium. Biji labu panggang adalah salah satu sumber yang kaya akan kandungan magnesium, dengan jumlah sekitar 151 mg untuk setiap 30 gram. Kacang Brasil (107 mg per 30 ) dan kacang almond (78 mg per 30 g) juga sumber yang sangat baik. Anda juga bisa mencoba halibut, yang  mengandung 91 mg dalam porsi 90 gram.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.