Sukses

Kenali 9 Tanda Kondisi Usus Tak Sehat

Liputan6.com, Jakarta Saat Lebaran, aneka makanan yang disantap kemungkinan berpengaruh terhadap kesehatan usus. Bila usus tidak sehat akan memengaruhi suasana hati, kualitas tidur, serta metabolisme tubuh.

Untungnya, tubuh bisa memberikan tanda ketika usus bermasalah. Ahli nutrisi yang juga pendiri Digestive Health Clinic, Anna Paredes, memaparkan sembilan tanda usus tidak sehat melansir Now to Love, Selasa (27/6/2017).

1. Irritable bowel syndrome (IBS)

Ini adalah salah satu jenis gangguan sistem pencernaan. Biasanya ditandai dengan perut kembung, merasa buang air besar tidak tuntas, atau konstipasi dan diare bergantian. Jika ini terjadi, hal tersebut merupakan tanda masalah di saluran pencernaan.

2. Heartburn

Gaya hidup dan diet dapat meningkatkan jumlah asam di perut yang menyebabkan asam lambung naik yang memicu heartburn.

3. Bersendawa berlebihan

Bila sering bersendawa berlebihan setelah makan, mungkin mengalami intoleransi karbohidrat kompleks. Hal ini terjadi karena kurangnya enzim untuk mencerna karbohidrat.

4. Sulit menurunkan berat badan

Sudah mencoba segala cara, mulai dari diet, puasa, olahraga, tetapi berat badan tak turun? Ini bisa jadi tanda tubuh tak mampu buang sel lemak yang ada di tubuh akibat banyak racun di usus.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masalah kulit

5. Bau mulut

Bau mulut atau halitosis walau sudah rutin menggosok gigi menunjukkan ada makanan yang tidak tercerna di usus. Ini juga merupakan tanda ada ketidakseimbangan antara bakteri baik dan buruk di usus.

6. Masalah kulit

Kulit kering dan jerawat, semuanya merupakan tanda ada banyak sampah atau racun di usus.

7. Hati berlemak

Penumpukan lemak di hati terjadi karena ketidakmampuan tubuh melakukan metabolisme lemak dengan cepat. Ini juga tanda ada banyak racun di usus besar.

8. Mudah sedih dan merasa kurang berenergi

Usus juga merupakan pusat emosi dan energi. Menurut Anna, usus bertanggung jawab memproduksi 90 persen hormon bahagia tubuh atau serotonin.

Nah, bila usus penuh racun dapat menyebabkan sulit melepaskan hormon ini. Berbeda halnya bila usus bersih, akan membuat mental seseorang lebih baik dan berenergi.

9. Sistem kekebalan tubuh buruk

Sering sakit? Jika iya, bisa jadi ada masalah pada usus. Bagian tubuh yang satu ini bertanggung jawab sebesar 80 persen terhadap kekebalan tubuh seseorang. Oleh karena itu, penting menjaga usus agar tetap sehat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini