Sukses

Bahaya, Gunakan Laptop di Pangkuan

Hati-hati, menggunakan laptop berjam-jam di pangkuan dapat menyebabkan ruam kulit seperti terpanggang.

Liputan6.com, Basel: Hati-hati, menggunakan laptop berjam-jam di pangkuan dapat menyebabkan ruam kulit seperti terpanggang. Karena, panas yang dihasilkan bagian bawah mesin akan "membakar" kulit. Terlebih lagi, selama pemakaian kulit tidak ditutupi kain.

Jurnal Pediatrics melaporkan, penelitian yang dilakukan di University Hospital Basel di Basel, Swiss menunjukkan, seorang anak berusia 12 tahun  mengalami perubahan warna kulit setelah bermain game selama berjam-jam. "Tetapi perubahan tidak abadi," kata seorang dokter di Inggris.

Kondisi seperti ini disebut eritema ab igne. Biasanya  terlihat pada pasien usia lanjut yang menggunakan botol air panas agar tetap hangat. Kondisi ini  juga dapat disebut "sindrom kulit terpanggang". Jika hal ini dibiarkan, maka kulit penderita lama-kelamaan akan terlihat lebih gelap.

Para peneliti juga meneliti seorang mahasiswa hukum Amerika yang menghabiskan enam jam sehari dengan komputer di pangkuannya. Jika Anda menggunakan laptop seperti itu setiap hari,  Anda akan mengalami perubahan warna pada kulit.(BBC/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini