Sukses

Menkes: Jaga Pola Makan Saat Lebaran

Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengingatkan agar masyarakat tetap menjaga kesehatan saat Lebaran dengan menjaga pola makan sehat.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek mengingatkan agar masyarakat tetap menjaga kesehatan saat Lebaran dengan menjaga pola makan yang sehat.

"Kita sudah sebulan berpuasa, hari pertama Lebaran biasanya lupa ya, makanan semua enak sekali. Dikira-kira saja, kita bisa mengukur diri sendiri," katanya di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Minggu (25/6)

Nila mengemukakan, biasanya jamuan yang disajikan saat Idul Fitri atau Lebaran cenderung berkalori tinggi, bersantan dan kue-kue manis.

Terlebih lagi tiap bersilaturahmi ke sanak saudara atau tetangga kembali disajikan makanan yang hampir sama dengan kadar kalori tinggi.

"Makan sedikit-sedikit, tapi bisa mencoba beberapa kali, itu barangkali lebih bagus dibanding sekaligus mau lagi mau lagi," kata alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Jakarta tersebut.

Selain itu, ia juga mengingatkan agar masyarakat tetap mengecek kondisi kesehatan untuk deteksi dini apabila terjadi gangguan pada tubuh.

Bagi masyarakat yang mudik ke kampung halaman, Nila juga berpesan agar benar-benar menjaga kesehatan selama di perjalanan.

Bagi yang mudik menggunakan mobil pribadi dianjurkannya untuk istirahat selama empat jam sekali dan rutin mengecek kondisi di pos kesehatan.

Selain itu, Nila juga menganjurkan agar yang bepergian dengan waktu tempuh yang lama menyiapkan perbekalan dan tidak mengonsumsi makanan sembarangan. (Aditya Ramadhan/ AntaraNews)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.