Sukses

Ini Penyebab Lain Sakit Gara-Gara Makanan Lebaran

Liputan6.com, Jakarta Para ibu yang ditinggal mudik pembantu diimbau untuk tidak menaruh makanan matang berdekatan dengan makanan mentah. Supaya terhindar dari bakteri yang kebetulan hidup pada makanan mentah tersebut. Makanan yang terlalu lama berada di suhu kamar cenderung alami kontaminasi.

Demikian penjelasan Pakar Kesehatan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Ari Fahrial Syam, ditulis Sabtu (24/6/2017)

Ditinggal mudik pembantu rumah tangga (PRT), ditambah jasa katering yang libur di Hari Raya, membuat seorang ibu cenderung menyimpan banyak makanan di kulkas. Tak hanya itu, kecenderungan menyimpan makanan di atas meja atau pada suhu kamar dalam waktu lama kerap terjadi. Sehingga lupa untuk dipanaskan kembali saat akan dikonsumsi selanjutnya.

"Yang menjadi masalah, kadang kala tidak semua kuman yang mencemari makanan tersebut menyebabkan perubahan bau dan bentuk dari makanan tersebut," kata Ari yang juga menjelaskan proses pemanasan makanan, baik secara langsung atau melalui microwave, harus tetap dilakukan pada saat makanan tersebut dikonsumsi kembali.

"Sehingga kejadian keracunan makanan yang kerap terjadi selama Lebaran tidak terjadi," kata Ari menekankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini