Sukses

Iritasi Mata Intai Pemudik yang Gunakan Motor

Pemudik yang mengendarai motor ke kampung halaman harus waspada dengan iritasi mata. Mengapa ini bisa terjadi?

Liputan6.com, Jakarta Iritasi mata mengintai pemudik yang menggunakan sepeda motor ke kampung halaman. Sebab, selama di perjalanan, pengendara motor akan terkena angin, debu, dan kotoran yang masuk ke mata.

"Makanya, iritasi mata banyak mengintai para pemudik pemotor," kata Spesialis Mata Konsultan, Elvioza pada sebuah kesempatan.

Selain kotoran, paparan sinar ultraviolet secara langsung menyebabkan iritasi mata tersebut dapat terjadi. "Biasanya (sinar ultraviolet) menimpa pemotor yang pergi mudiknya di pagi dan siang hari, yang paparan sinar mataharinya kuat sekali," kata dia.

Oleh karena itu, pemotor wajib menggunakan pelindung. Tidak hanya pelindung kepala, tetapi juga yang dapat melindungi mata. "Helm jangan lupa, kacamata juga jangan lupa," kata dia menekankan.

Lebih lanjut, pemudik harus memastikan bahwa jauh-jauh hari sudah menerapkan gaya hidup sehat. Tidak merokok, minum minuman alkohol, dan tidak tidur larut malam.

Yang terpenting, kata Elvioza, jangan lupa untuk selalu istirahat. Jangan terlalu memaksakan badan jika memang kondisi tidak memungkinkan. Segera cari tempat untuk berlindung agar dapat mengistirahatkan badan beberapa saat.

"Kalau bisa tidur cukup, dua sampai sampai jam. Nanti akan segar lagi. Kalau misalnya kecapaian, dan tidur hanya beberapa detik lalu melek lagi, itu bahaya," ujar Elvioza.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini