Sukses

Ada Tali Pusat di Foto Bayi, Atiqah Hasiholan Jalani Lotus Birth?

Liputan6.com, Jakarta Atiqah Hasiholan akhirnya melahirkan bayi cantik hari ini. Kabar gembira ini terlihat dari sebuah foto yang diunggah oleh suami Atiqah, Rio Dewanto, di Instagram. Namun, hal lain yang juga menarik untuk disimak dari foto yang diunggah Rio Dewanto itu adalah tali pusat di sekitar tubuh bayinya.

(Baca: Atiqah Hasiholan dan Rio Dewanto Dikaruniai Anak Pertama)

Atiqah Hasiholan melahirkan anak pertamanya [foto: instagram/docvlog]

Dalam foto di akun Instagram lainnya, tampak juga tali pusat bayi pasangan selebritas ini masih ada. Umumnya, kondisi seperti ini terjadi pada bayi yang dilahirkan melalui lotus birth. Sebelumnya, sejumlah selebritas lain seperti Andien dan Widi B3, juga dikabarkan menjalani proses melahirkan lotus birth.

Sampai saat ini belum diketahui pasti apakah Atiqah Hasiholan menjalani persalinan lotus birth. Jika memang benar, berikut penjelasan mengenai metode lotus birth.

Lotus birth memang berbeda dengan persalinan biasa. Pada metode persalinan biasa, pemotongan tali pusat dilakukan setelah bayi lahir dan pada saat plasenta masih di tubuh ibu. Sementara pada lotus birth, tali pusat masih menempel pada plasenta.

"Kalau lotus birth, artinya dia (ibu) melahirkan secara natural, alami, sehingga plasentanya akan copot dengan sendiri," kata dokter spesialis kebidanan dan kandungan, Taufik Jamaan, saat bertemu media di Jakarta pada Mei lalu.

Namun, prosedur persalinan lotus birth menuai pro-kontra. Plasenta yang mengandung darah rentan terjangkit infeksi, yang dapat langsung ditularkan pada bayi.

"Risiko terjadi infeksi masih tinggi sehingga tidak disarankan," kata Taufik lagi.

Menurut Taufik, dia belum pernah mendengar ada kematian karena lotus birth di Indonesia, karena jumlah ibu yang melakukan metode persalinan ini masih sedikit. Berbeda dengan di India yang warganya banyak melakukan persalinan dengan lotus birth.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.