Sukses

ART Mudik, Ini Trik Mudah Menyetrika agar Baju Licin

Asisten rumah tangga mudik, bukan berarti Anda harus menggunakan baju kusut.

Liputan6.com, Jakarta Asisten rumah tangga mudik, pakaian biasanya langsung menumpuk karena belum disetrika. 

Menyetrika sepintas memang terkesan sebagai perkara yang mudah. Lagi pula, apa rumitnya menggosokkan setrika di atas pakaian, menggerakkannya bolak-balik sampai kainnya rapi. Namun pada kenyataannya, tidak segampang itu.

Beberapa setrika dilengkapi dengan label pengaturan suhu. Gambar-gambar di alat setrika akan menunjukkan suhu mana yang tepat untuk jenis kain tertentu.

Namun, pengaturan suhu tadi tidak menjamin hasil setrikaan akan licin tak bercela seperti yang asisten rumah tangga Anda hasilkan.

Melansir Purewow, Jumat (23/6/2017), berikut trik mudah menyetrika untuk hasil licin tak bercela walau ART sedang mudik:

1. Katun: Atur setrika pada suhu tinggi saat pakaian Anda masih sedikit lembap saat disentuh. Gunakan steam atau semprotan basah sebanyak yang diperlukan.

2. Linen: Setrika pakaian berbahan linen dalam keadaan terbalik menggunakan suhu tinggi saat masih dalam keadaan sedikit lembap. Gunakan juga steam atau semprotan basah.

3. Wol: Setrika pakaian dalam keadaan terbaik menggunakan suhu sedang, dan gunakan steam untuk melembapkan.

4. Sutra: Pakaian berbahan sutra harus disetrika dalam keadaan terbalik menggunakan suhu rendah, dan tepat setelah dicuci dalam keadaan masih sedikit lembap. Jangan gunakan steam atau semprotan basah. Gunakan kain pelapis untuk menyetrika jika dibutuhkan.

5. Poliester: Bahan poliester harus disetrika menggunakan suhu sedang dan keadaan masih lembap. Gunakan semprotan air jika diperlukan tetapi hindari steaming.

6. Nilon: Setrika bahan nilon dalam keadaan benar-benar kering menggunakan suhu rendah. Jangan di-steam tetapi boleh menggunakan semprotan air jika diperlukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.