Pola Hidup Untuk Umur Panjang

on

Liputan6.com, Jakarta: Tidak dapat dibantah bahwa gaya hidup Anda sehari-hari sangat mempengaruhi kesehatan Anda. Apakah Anda sarapan setiap pagi, olahraga teratur? Hal-hal kecil tersebut dapat mempengaruhi kondisi kesehatan Anda di masa depan, bahkan menentukan berapa lama Anda akan hidup.Berikut enam kebiasaan rutin yang dapat memperpanjang usia Anda:

Latihan atau olahraga.
Jika Anda orang yang sibuk, sehingga tidak memiliki cukup waktu untuk berolahraga, Anda dapat melakukan olahraga sederhana setiap pagi sebelum berangkat ke kantor. Anda dapat melakukan olahraga kecil seperti jalan kaki saat hendak naik kendaraan umum, jika Anda bekerja di gedung bertingkat, Anda dapat naik tangga tanpa harus menggunkan lift. Menurut penelitian,olahraga seperti ini akan memperpanjang usia Anda sampai tiga tahun.

Sarapan.
Berdasarkan penelitian, sarapan dapat memperpanjang usia Anda. Orang yang sarapan di pagi hari kemungkinan kecil terserang diabetes bahkan obesitas, dibanding yang tidak melakukannya.

Istirahat/ tidur yang cukup.
Sebuah studi mengatakan bahwa tidur yang cukup dapat memperpanjang usia Anda. Tidur yang tidak cukup akan meningkatkan resiko terserang penyakit kankr, jantung, diabetes dan obesitas.

Menyikat gigi.
Dr Michael Roizen dalam bukunya The Makeover RealAge mengatakan bahwa kebersihan mulut yang buruk dapat menyebabkan penyakit gusi seperti gingivitis dan periodontitis. Ini merupakan penyakit peradangan yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah, penyebab umum penyakit jantung. Dengan hanya menyikat gigi setiap hari, kita menyingkirkan mulut kita dari bakteri yang menyebabkan penyakit radang gusi.

Bersosialisasi.
Setiap jaringan sosial, apakah itu melalui gereja, klub olahraga atau kelas memasak, positif dapat berdampak bagi fisik,  mental dan kesejahteraan.

Minum air yang cukup.

Tubuh kita terdiri dari hampir 70 persen cairan, jadi seharusnya tidak mengejutkan bahwa air adalah penting untuk menjaga kesehatan dan memperpanjang hidup. Air  berperan penting untuk mengatur suhu tubuh, melindungi persendian dan organ, dan untuk membantu transportasi oksigen ke sel.(Askmen/ARI)
Suka artikel ini?

0 Comments