Sukses

Manfaat Menyusui, Kecil Risiko Ibu Kena Stroke

Liputan6.com, Jakarta Sebuah studi kembali menguak manfaat pemberian ASI ke buah hati. Kali ini keuntungan dilihat dari pihak ibu. Menyusui buah hati terbukti bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung, termasuk stroke.

Ibu yang menyusui buah hatinya, risiko terkena penyakit jantung menurun hingga sembilan persen dibandingkan yang tidak. Semakin lama ibu menyusui, risiko terkena serangan jantung pun makin menurun.

Sementara, ibu yang memiliki anak lebih dari satu dan menyusui masing-masing bayi selama dua tahun menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke hingga 18 persen dibandingkan ibu yang tidak menyusui. Hebat bukan manfaat menyusui ASI buah hati?

"Temuan ini menunjukkan hubungan kuat antara menyusui dengan risiko terkena penyakit jantung yang lebih rendah. Namun, bukan berarti wanita tidak menyusui akan terkena masalah jantung," kata peneliti Sanne Peters dari University of Oxford Inggris.

Belum jelas mengenai waktu ideal menyusui terhadap kesehatan jantung. Namun, pada penelitian selanjutnya bakal dicari tahu jawabannya seperti diungkapkan Peters mengutip Time, Kamis (22/6/2017).

Fakta hubungan antara menyusui ASI dan menurunnya risiko penyakit jantung seperti stroke diketahui peneliti setelah melakukan studi terhadap 290 ribu wanita di Tiongkok. Para partisipan ditanya mengenai jumlah anak serta lama menyusui buah hati. Selama 10 tahun kehidupan partisipan dianalisis.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Stroke adalah kematian jaringan otak (infark serebral) yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak.

    Stroke

  • ASI

Video Terkini