Sukses

Di Waktu Ini Vagina Akan Terasa Gatal

Selain tak menjaga kebersihan organ intim, ada penyebab alamiah dan normal yang menyebabkan vagina terasa gatal.

Liputan6.com, Jakarta Kurang menjaga kebersihan vagina dan salah menggunakan jenis celana dalam merupakan penyebab paling umum vagina gatal. Tapi, ada waktu tertentu yang bisa menyebabkan wanita mengalami kondisi menyebalkan ini.

Jelang atau selama menstruasi, kehamilan, menopause dan penggunaan kontrasepsi merupakan waktu yang mendukung wanita mengalami vagina gatal. Pada waktu tersebut, normalnya, kadar hormon wanita akan berfluktuasi atau berubah sehingga menyebabkan beberapa perubahan, termasuk rasa gatal.

Selain rasa gatal, tak heran juga bila vagina mendadak kering. Bahkan perubahan hormon ini juga bisa menyebabkan rasa sakit di area intim tersebut. Seperti dikutip laman Women's Health, Kamis (22/6/2017) dalam kondisi ini wanita sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan produk yang mengandung wewangian.

Sebab, sering kali kandungan di dalam produk penghilang rasa gatal dan pembersih vagina lain dapat menambah ketidaknyamanan. Sementara, jika rasa gatal yang timbul dikarenakan penggunaan kontrasepsi, sebaiknya minta dokter pribadi Anda meresepkan obat khusus.

Pada pascamenopause, hormon wanita yang mudah berubah dan tidak menentu--seperti penurunan esterogen-- dapat menyebabkan vagina gatal.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.