Sukses

Jelang Lebaran, Permintaan Jasa Perawat Meningkat

Masyarakat urban memanfaatkan jasa home care untuk menjaga keluarga yang sakit atau tua serta anaknya.

Liputan6.com, Jakarta Sudah menjadi tradisi setiap tahun menjelang mudik Lebaran, Asisten Rumah Tangga (ART) pulang ke kampung halamannya. Hal ini pula yang mendorong masyarakat urban untuk memanfaatkan jasa home care untuk menjaga keluarga yang sakit atau tua serta anaknya.

Founder dan CEO Insan Medika, Try Wibowo mengatakan, layanan home care ini memang memiliki manfaat besar bagi masyarakat. Selain bisa lebih dekat dengan keluarga tercinta, secara psikologis juga akan mempengaruhi peluang kesembuhan pasien.

"Permintaan home care terjadi pada saat menjelang lebaran (H-6) dan setelah lebaran. Sama konsepnya seperti permintaan ART dan babysitter. Bedanya, home care lebih profesional," kata Try dalam keterangan pers, Rabu (21/6/2017).

Untuk mendapatkan layanan home care, Try mematok harga mulai dari Rp300 ribu per hari hingga Rp3,5 juta per bulan untuk perawat lansia. Sedangkan untuk layanan medis, tergantung dari jenis paket, mulai dari paket alat ICU beserta perawat medis 24 jam sebesar Rp25 juta sebulan. Dan paket perawat medis non alat ICU sebesar Rp8 juta per bulan atau Rp600 ribu per hari.

Yang penting diperhatikan, kata Try, tenaga perawat juga harus jelas latar belakang pendidikannya. Di Insan Medika, perawat rata-rata lulusan SMK Kesehatan, caregiver lulusan D3 Keperawatan hingga perawat medis lulusan S1 keperawatan yang memiliki STR.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.