Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

5 Aturan Jaga Vagina agar Selalu Tampil Muda

Liputan6.com, Jakarta Sama halnya wajah yang mulai mengendur, seiring bertambahnya usia, vagina juga akan mengalami perubahan.

"Ginekolog tak pernah memberi tahu pada wanita tentang hal ini, di mana vagina juga akan mengalami penuaan sama halnya dengan wajah. Ketika semua terjadi, para wanita akan terkejut saat melihat vulva dan vagina telah mengalami perubahan," jelas Karen Boyle MD, seperti dikutip dari Shape, Rabu (21/6/2017). 

Sejak usia 20-an, Anda mungkin kehilangan lemak di labia luar. "Daerah-daerah ini akan mulai turun atau melorot, volume berkurang seperti payudara dan wajah yang mengalami perubahan seiringnya pertambahan usia," sambung Boyle.

Intinya pertambahan usia tak hanya membuat wajah atau kulit berubah, tetapi juga penampilan area intim. Dan ketika mendekati menopause, lapisan vagina akan mengalami penipisan, aliran darah menurun, dan otot panggul melemah.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memperlambat penuaan vagina: 

Jaga berat badan

Untuk menjaga vagina tetap awet muda, Anda harus menjaga berat badan. Namun, hindari juga diet ketat karena ini akan membuat area pribadi turut kurus. Wanita 35 tahun akan tampil menarik saat kurus, tetapi wajahnya akan tampak lebih tua karena tak memiliki lemak di wajah. Inilah yang terjadi pada vagina.

Latihan kegel

Latihan ini sangatlah penting untuk melatih otot vagina agar tetap kuat dan kencang. Hal ini mungkin terdengar umum, tetapi nyatanya tak banyak wanita yang melakukan latihan ini dengan benar. Dibutuhkan latihan kegel 100 kali, dalam waktu tiga kali sehari untuk hasil yang sempurna.

Aktif secara seksual

Untuk menjaga penampilan vagina tetap menarik adalah dengan terus mengaktifkan aliran darah di daerah tersebut. Semakin sering melakukan kegiatan seksual, maka aliran darah akan mengalir pada daerah tersebut.

Hindari sabun

Sebagai wanita memang ingin memiliki vagina yang harum, tetapi tak berarti Anda dapat menggunakan sabun pewangi. Cara ini hanya akan membuat vagina mengalami iritasi dan membunuh bakteri baik yang ada di dalam vagina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.