Sukses

Cemilan Sehat Sesuai dengan Lama Perjalanan Mudik

Liputan6.com, Jakarta Waktunya mudik sudah tiba. Memang, mengingat sekarang bulan puasa, kemungkinan besar Anda tidak akan makan di perjalanan sampai tibanya waktu berbuka. Namun, bukan berarti Anda tidak perlu menyiapkan makanan sehat untuk disantap saat berbuka di perjalanan.

Melansir Shape, Selasa (20/6/2017), berikut makanan sehat yang bisa Anda siapkan untuk bekal mudik, sesuai dengan lamanya perjalanan:

1. 2 - 3 jam di jalan

Ketika tujuan Anda hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja, tak perlu terlalu pusing menyiapkan bekal. Joy Bauer, R.D., ahli nutrisi dan pendiri NOURISH menyarankan untuk menyiapkan cemilan yang bisa memuaskan semua keinginan mencemil. Mulai dari asin, manis, renyah, sampai kenyal.

"Simpan cemilan Anda dalam tempat berbeda-beda untuk mencegah makan terlalu banyak," sarannya.

Anda bisa membawa kacang-kacangan, buah-buahan kering, atau kepingan cokelat sebagai cemilan sehat. Atau, taburi rempah pada pop corn yang Anda buat sendiri di rumah untuk perjalanan mudik.

1 dari 3 halaman

2. 5 -6 jam perjalanan

Perjalanan yang lebih panjang membutuhkan cemilan dan makanan yang bisa mengenyangkan lebih lama. Fokuslah pada makanan dengan protein yang tinggi agar Anda tidak cepat merasa lapar kembali.

Sehari sebelum perjalanan, simpanlah anggur di freezer. Kaya akan serat dan bisa menghidrasi, anggur mengandung banyak nutrisi dalam setiap butirnya. Ditambah dengan cara ini, anggur bisa membantu menjaga makanan Anda yang lain tetap dingin.

Pilihan lainnya, siapkan selai kacang dan roti. Atau, Anda juga bisa mengoleskan selai kacang pada buah seperti apel dan pisang untuk mendapatkan segala manfaat sehat.

Untuk ketika rasa lapar benar-benar menyerang, siapkan tortila wraps yang terbuat dari gandum utuh. Isi dengan ayam asap, dan selipkan avokad potong dan saus pedas. Makanan lezat dan sehat pun jadi.

2 dari 3 halaman

3. Perjalanan panjang di atas 8 jam

Untuk perjalanan panjang ini, Anda harus memilih makanan yang bisa tahan tidak disimpan di lemari pendingin. Roti atau buah dengan selai kacang lagi-lagi bisa dijadikan pilihan yang sehat.

Anda juga bisa menyiapkan cemilan yang terbuat dari sayuran sehat, seperti misalnya keripik bayam atau kale. Atau pilihan tinggi protein lainnya.

Di perjalanan, Anda bisa mampir untuk membeli yoghurt. Dilengkapi dengan buah-buahan segar atau potongan kacang, makanan ini akan bisa mengenyangkan Anda untuk waktu lama.

Untuk makanan beratnya, siapkan roti lapis dari gandum utuh berisi ayam atau daging asap. Lengkapi dengan helaian keju dan sayuran seperti timun atau tomat yang bisa tahan lama di dalam kotak bekal. 

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Mau Tetap Prima Saat Libur Panjang, Terapkan 5 Tips Ini
Artikel Selanjutnya
4 Hal Yang Wajib Dilakukan Pasca Libur Lebaran