Sukses

Bekal Mudik Sehat, Seperti Apa?

Makanan praktis tapi dibuat kaya gizi dalam bentuk sushi, pasta, sandwich bisa jadi bekal mudik kali ini.

Liputan6.com, Jakarta Saat mudik Lebaran, asupan nutrisi tidak bisa asal-asalan. Bekal saat berbuka atau sahur dalam perjalanan mudik harus mengandung nutrisi gizi seimbang, seperti disampaikan dokter spesialis gizi klinik, Dian Permatasari.

"Saat perjalanan mudik, harus tetap menjaga nutrisi. Nutrisi yang diperlukan saat mudik intinya sama. Terapkan pedoman gizi seimbang yakni ada karbohidrat seperti nasi, mi, atau roti. Lalu ada protein hewani, sayur dan buah dengan komposisi lebih banyak," saran Dian.

Dian mencontohkan membawa bekal buka atau sahur berupa nasi dengan telur serta sayur dan buah potong. Bisa juga membuat sushi, pasta, sandwich yang praktis dikonsumsi dalam perjalanan mudik tapi tetap mengandung gizi seimbang.

Membawa camilan juga disarankan, lo. Malah nutrisi dari camilan bisa membantu memenuhi kebutuhan kalori harian.

Salah satunya camilan sehat yang direkomendasikan Dian selain buah potong, juga kacang panggang. "Kalau harus beli, pilihlah camilan yang sehat seperti kacang panggang. Sekarang sudah banyak kok di minimarket atau supermarket, kacang panggang," katanya dalam program mudik TEMAN dari SGM Bunda dan SGM Eksplor beberapa saat lalu.

Jangan lupa juga minum air putih cukup selama perjalanan mudik. Pastikan setidaknya minum total delapan gelas air putih dalam sehari.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini