Sukses

Bukan Bualan, Orang Kidal Terbukti Lebih Pintar Matematika

Walau sering mendapat diskriminasi, tapi orang kidal terbukti lebih pintar matematika dibanding mereka yang aktif menggunakan tangan kanan.

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa orang yang saat melakukan aktivitas lebih aktif dengan tangan kiri atau kidal. Walau terkadang mendapat diskriminasi, tapi orang kidal terbukti lebih pintar dibanding mereka yang aktif menggunakan tangan kanan.

Dalam studi yang dipublikasikan Frontiers in Psychology disebutkan orang kidal lebih jago memecahkan soal matematika yang sulit. Namun, ketika soal matematika tidak terlalu sulit, tidak ada perbedaan antara orang yang kidal dan tidak seperti mengutip Men's Health, Selasa (20/6/2017).

Selain itu dalam studi lain yang dipublikasikan dalam American Journal of Psychology menyebutkan paling tidak ada beberapa bukti orang kidal memiliki satu segi kreatif.

Di bidang olahraga, terbukti ada banyak atlet kidal yang jago. Pegolf Phil Mickelson dan petenis Rafael Nadal merupakan dua atlet hebat yang bertangan kidal dan mampu memberikan perlawanan hebat dalam pertandingan olahraga. Menurut sebuah artikel dalam buku The Puzzle of Left-Handedness, orang kidal memiliki keuntungan dalam permainan bisbol, tenis, dan tinju.

Namun hingga kini masih banyak pakar yang mendebatkan soal ini. Banyak juga studi menyebutkan anak kidal memiliki kemampuan lebih rendah dibanding yang biasa menggunakan tangan kanan. Salah satunya studi di 2009 yang menyebutkan anak kidal perkembangannya lebih lambat dibanding yang biasa menggunakan tangan kanan.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.