Sukses

Ibu Hamil yang Bakal Mudik Harus Persiapkan Mental Dulu

Mudik saat hamil, calon ibu sebaiknya menerima bahwa memang ada keterbatasan.

Liputan6.com, Jakarta Perubahan fisik saat hamil membuat calon ibu mesti mempersiapkan mental sebelum mudik. Jika mental sudah disiapkan dengan baik, perjalanan mudik cenderung menyenangkan.

Ibu hamil perlu menyadari bahwa ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan. Misalnya tidak bisa membawa beban teramat berat. Lalu, badan mudah lelah terutama bila sudah memasuki kehamilan di trisemester ketiga.

"Saat trisemester ketiga, tulang punggung lebih mudah pegal-pegal. Ibu hamil perlu menerima keterbatasan tersebut," kata psikolog Anna Surti Ariani dalam program TEMAN (Tempat Mudik Nyaman) dari SGM Bunda dan Eksplor di Jakarta beberapa saat lalu.

Psikolog yang akrab Nina ini menyarankan agar ibu hamil tidak menyangkal dengan keterbatasan yang dimiliki. Penting bagi ibu hamil menerima bahwa tidak semua bisa dilakukan seperti saat tidak hamil.

"Kalau denial, takutnya akan banyak hal tidak menyenangkan yang dialami ibu hamil (selama mudik)," kata Nina lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.