Sukses

Ayah Terbaik di Dunia Ada di Afrika

Seorang antropolog di Amerika, Profesor Barry Hewlett menjadi orang pertama yang menemukan bahwa ayah juga bisa menyusui anaknya

Liputan6.com, Jakarta Seorang antropolog di Amerika, Profesor Barry Hewlett menjadi orang pertama yang menemukan bahwa ayah juga bisa menyusui anaknya. Meski bukan dalam arti sebenarnya yang berarti ayah mengeluarkan ASI, tapi seorang ayah bisa menenangkan anaknya dengan memberikan putingnya diisap anaknya.

Hal ini dia temukan di antara orang-orang suku Aka Pygmy di Afrika Tengah setelah dia memutuskan untuk tinggal di sana.

Kendati demikian, kata Hewlett, kebiasaan unik suku Aka ini tidak begitu mengejutkan mengingat ini menyangkut pola asuh egaliter (persamaan) gender yang pernah dia pelajari.

Jadi, peran seorang ayah di suku Aka lebih dari sekadar ayah. Sementara wanita berburu, anak-anak biasanya dipercayakan pada ayahnya. Pria juga terbiasa memasak dan para wanita mendirikan kamp berikutnya.

"Ada pembagian yang menarik sehingga ayah terbiasa berperan sebagai ibu tanpa merasa beban atau stigma. Itu sebabnya ayah Aka kerap disebut ayah terbaik di dunia," kata Hewlet, seperti diberitakan The Guardian, Senin (19/6/2017).

Bagi ayah Aka, ada perasaan yang membuatnya harus memiliki waktu dan kontak fisik dengan anaknya--tidak seperti halnya di kota besar, tambah Hewlett.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.