Sukses

Ciuman Bantu Jaga Kesehatan Gigi

Selain memeriksakan gigi ke dokter secara rutin, ternyata berciuman juga bisa memperbaiki kesehatan gigi Anda.

Liputan6.com, Jakarta Selain memeriksakan gigi ke dokter secara rutin, ternyata ciuman juga bisa memperbaiki kesehatan gigi.

Dr Sivan Finkel, dari kedokteran gigi estetis di Dental Parlor, New York City, mengatakan ciuman memiliki keuntungan bagi kesehatan mulut dan gigi. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan produksi air liur yang dihasilkan saat berciuman.

"Berciuman menstimulasi kelenjar liur kita, dan air liur dapat bantu menjaga keasaman dalam mulut," kata Finkel, dikutip dari The List, Minggu (18/6/2017).

Finkel menjelaskan, asam yang terbentuk dalam mulut terjadi akibat bakteri mulut yang memecah karbohidrat. Air liur juga mengandung senyawa yang membunuh bakteri di mulut.

Namun, Finkel memperingatkan untuk rutin menyikat gigi dan menjaga kebersihan gigi dan mulut untuk mencegah pertukaran kuman.

"Bakteri penyebab kerusakan rongga mulut juga bisa ditransfer melalui ciuman, beberapa bakteri berbahaya itu juga bisa menyebabkan penyakit gusi," katanya.

Jadi sebelum berciuman, pastikan pasangan Anda menjaga kebersihan gigi dan mulutnya, ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.