Sukses

Kapan Usia Terbaik Lakukan Yoga?

Tak seperti latihan pada umumnya, yoga terkait dengan kesehatan fisik, mental dan spiritual seseorang. Tapi kapan usia terbaik melakukannya?

Liputan6.com, Jakarta Tak seperti latihan pada umumnya, yoga terkait dengan kesehatan fisik, mental dan spiritual seseorang. Jika Anda membandingkan seseorang yang berlatih yoga dengan yang tidak, Anda bisa menemukan perbedannya.

Yoga membentuk stamina dan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat sehingga mereka yang melakukannya memiliki konsentrasi yang lebih baik dalam melawan penyakit.

Ada yoga asana misalnya, yang membantu menjaga agar aliran darah agar tetap stabil, membantu pernapasan yang lebih baik dan mengurangi nyeri otot. Belum lagi yoga tertentu yang tak kalah manfaatnya.

Memperingati Hari Yoga Internasional, Direktur Regional Art Of Living, Yoga, Gaurav Verma mengatakan seseorang perlu menerapkan yoga sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari. Namun sebelum itu, tahukah Anda berapa usia yang tepat untuk mulai berlatih yoga?

"Setiap anak yang lahir, dia adalah seorang yogi. Yoga tertentu seperti shishuasana, pawan muktasana dan beberapa asana lainnya dilakukan oleh anak-anak kecil," katanya, seperti dikutip Boldsky, Sabtu (17/6/2017).

Namun, kata Gaurav, usia yang tepat untuk memulai yoga sebenarnya 13 tahun. Hal ini karena anak mengalami banyak perubahan selama masa ini seperti perubahan pikiran serta mengalami fase perubahan hormonal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.