Sukses

Sebaiknya Simpan Telur di Kulkas atau Suhu Ruang?

Ketika akan menyimpan telur, sebaiknya dimasukkan ke kulkas atau dibiarkan di lemari penyimpan dengan suhu ruang ya?

Liputan6.com, Jakarta - Telur adalah salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh. Bahkan, anak-anak disarankan untuk mengonsumsi telur saat sarapan guna meningkatkan kecerdasan.

Tapi ketika akan menyimpan telur, sebaiknya dimasukkan ke kulkas atau dibiarkan di lemari penyimpan dengan suhu ruang ya?

Masyarakat di negara-negara Skandinavia, Amerika Serikat, Australia, dan Jepang menyimpan telur di kulkas dengan cara dibersihkan lebih dulu agar aman dari bakteri. Sementara di negara lain, telur disimpan dalam suhu ruang.

Departemen Pertanian AS menyarankan agar mencuci telur dengan mesin khusus pada 1970. Proses ini diragukan oleh negara-negara lainnya karena proses mencuci telur sebelumnya telah terbukti gagal menjaga telur bebas dari kontaminasi.

Melansir laman Mashed, Sabtu (17/6/2017), di negara-negara yang masyarakatnya tak mencuci atau pun menyimpan telur dalam lemari pendingin, percaya telur memiliki lapisan alami yang melindunginya dari bakteri. Selain itu, umumnya ayam telah lebih dulu divaksin sebelum bertelur.

Biasanya, negara-negara yang menyarankan pencucian telur dan menyimpannya dalam kulkas tidak melakukan vaksin terhadap ayam sebelum bertelur.

Meski ada dua kepercayaan mengenai cara menyimpan telur yang baik, semua masyarakat setuju bahwa mengeluarkan telur dari kulkas, membawanya ke suhu ruang lalu memasukkannya kembali ke kulkas hanya akan membuatnya lembap dan cepat busuk.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.