Sukses

Kopi dan Teh Ternyata Mampu Cegah Penyakit Hati

Mengonsumsi kopi atau teh herbal secara teratur mungkin bisa mencegah kerusakan lever atau hati

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi kopi atau teh herbal secara teratur mungkin bisa mencegah kerusakan lever atau hati, demikian hasil penelitian terbaru di Belanda.

Menurut peneliti, kopi dan teh bukan hanya menjaga kesehatan hati, melainkan juga mencegah fibrosis hati atau hepatitis.

"Selama beberapa dekade, semua orang cenderung mengarah pada pola hidup tidak sehat hingga mengakibatkan epidemi obesitas dan lonjakan penyakit hati," kata Alferink, seorang peneliti di Erasmus MC University Medical Center di Rotterdam, seperti dimuat WebMD, Jumat (16/6/2017).

Untuk mengetahui efek perlindungan kopi dan teh, peneliti memeriksa data lebih dari 2.400 individu berusia 45 atau lebih yang tidak memiliki penyakit hati. Para peneliti kemudian memeriksa catatan medis, termasuk hasil pemindaian perut dan hati. Mereka juga menganalisis kuesioner makanan dan minuman, termasuk mencatat jenis kopi dan teh yang dikonsumsi.

"Kami menemukan bahwa peminum kopi memiliki risiko rendah memiliki penyakit hati. Secara keseluruhan, minum kopi dan teh herbal memiliki efek perlindungan pada hati dan mencegah tanda-tanda penyakit hati yang jelas," kata periset.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Hepatology ini juga menemukan, konsumsi kopi dan teh merupakan cara yang paling efektif menekan peningkatan penderita penyakit hati.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.