Sukses

Ilmuwan Ungkap Rahasia Perlambat Penuaan

Menua itu pasti terjadi, tetapi ada rahasia yang diungkap ilmuwan untuk memperlambat penuaan.

Liputan6.com, Jakarta Menua itu pasti terjadi, tetapi ada rahasia yang diungkap ilmuwan untuk memperlambat penuaan. Dalam sebuah studi yang dilakukan periset dari Brigham Young University, olahraga rutin ternyata memiliki manfaat yang tak pernah Anda duga sebelumnya.

Seperti dilansir Foxnews, Kamis (16/6/2017), editor kesehatan Foxnews, Dr. Manny Alvarez mengatakan, olahraga teratur bukan hanya menurunkan tekanan darah, menguatkan jantung, dan mengurangi stres serta memperlambat proses penuaan.

"Para peneliti menemukan bahwa orang yang berolahraga secara teratur dengan intensitas sedang sampai tinggi sebenarnya memiliki sel telomere (bagian paling ujung DNA) lebih panjang sehingga mereka bisa hidup lebih lama," kata Alvarez.

Telomere ini merupakan rangkaian protein DNA yang berada pada ujung kromosom. Sel ini memiliki fungsi vital bagi tubuh dengan melindungi kromosom. Saat sel menua, telomere cenderung lebih pendek. Tanpa protein penting ini, kromosom akan kehilangan informasi penting untuk fungsi tubuh.

Nah, menurut penelitian, orang yang rutin berolahraga memiliki usia biologis sembilan tahun lebih muda dibandingkan teman mereka yang tidak aktif. 

"Agar mendapat manfaat dari latihan anti-penuaan ini, orang harus berusaha mengikuti latihan kardio setidaknya lima hari dalam seminggu," ujar Alvarez.

Alvarez menambahkan, wanita butuh 30 menit setiap hari untuk mendapatkan hasil terbaik dalam perlambat penuaan, dan pria membutuhkan waktu 40 menit. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.