Sukses

6 Kiat Cerdas Jaga Kadar Kolesterol Saat Lebaran

Anda bisa tetap Lebaran dengan nyaman dan kadar kolesterol terkontrol.

Liputan6.com, Jakarta Makanan bersantan khas Lebaran, seperti opor ayam dan rendang menjadi menu yang menggugah selera. Tak hanya itu, kue-kue kering dan minuman manis kerap disuguhkan saat bertamu ke rumah kerabat, saudara, maupun tetangga.

Anda perlu mengetahui, makanan-makanan tersebut termasuk makanan yang menyebabkan kolesterol naik. Apalagi bila Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Misalnya, LDL (kolesterol jahat) di atas 160. Anda harus menghindari makanan bersantan dan manis.

Demi menjaga kadar kolesterol saat Lebaran, dokter spesialis penyakit dalam dr Franciscus Ari, Sp.PD dari Rumah Sakit Pondok Indah memberikan kiat cerdas menjaga kolesterol.

1. Hindari makan daging yang berlemak

Anda diperbolehkan makan daging, tapi hindari daging yang ada lemaknya, kata dr Ari dalam acara "Menjaga Kadar Kolesterol Saat Hari Raya" di Sate Khas Senayan, Jakarta, Kamis (15/6/2017).

2. Hindari makan kulit ayam

Kulit ayam yang renyah kerap disukai. Namun, kulit ayam bisa membuat kolesterol naik. Sebaiknya, makan daging ayamnya saja.

3. Kurangi kuah yang mengandung santan

Kuah yang bersantan menjadi pemicu kolesterol naik. Anda bisa mengurangi kuah yang bersantan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kurangi minuman manis atau bersoda

4. Kurangi minuman manis atau bersoda

Anda bisa mengurangi minuman manis dan bersoda agar kolesterol tetap terkontrol.

5. Tambah porsi makan sayuran

Anda mungkin lebih banyak memilih lauk-pauk (daging, ikan) saat Lebaran. Sebaiknya, tambahkan porsi makan sayuran. Hal ini untuk menyeimbangkan kadar kolesterol tidak melonjak.

6. Berhenti makan sebelum kekenyangan

Sebaiknya, berhenti makan sebelum kekenyangan. Makan yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.