Sukses

Aman dan Efektif, Berikut 5 Fakta tentang Vaksin

Tak perlu galau atau khawatir tentang keamanan vaksin karena telah terbukti secara ilmiah.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu cara meningkatkan imunitas tubuh serta terhindar dari penyakit mematikan dan ganas adalah dengan pemberian vaksin. Tak perlu galau atau khawatir tentang keamanan vaksin karena terbukti secara ilmiah.

Berikut lima fakta yang perlu Anda ketahui tentang vaksin seperti disampaikan dokter Sekretaris Utama Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Piprim Yanuarso beberapa waktu lalu di Kementerian Kesehatan Jakarta dalam rangkaian agenda Pekan Imunisasi Dunia ditulis Kamis (15/6/2017).

1. Vaksin aman dan efektif

Orangtua tak perlu ragu mengantarkan sang buah hati untuk mendapatkan vaksin. "Tidak perlu ragu tentang keamanan dan efektivitas vaksin karena sudah melalui uji klinik. Ini lebih aman dari obat," katanya.

2. Vaksin mencegah penyakit mematikan

Pemberian vaksin pada anak mencegah kesakitan, kecacatan, dan kematian akibat penyakit yang sebenarnya dapat dicegah dengan imunisasi. Misalnya, polio, campak, tetanus, batuk rejan, pneumonia, dan meningitis.

3. Vaksin bikin tubuh kebal

"Vaksin menyediakan kekebalan yang lebih bagus dari kekebalan alami sesudah terinfeksi," kata Piprim.

Lebih lanjut, Piprim mengungkapkan ketika seseorang terinfeksi campak atau cacar air misalnya, tubuhnya memang akan kebal. "Namun kalau kenanya polio bagaimana? Walaupun menjadi kebal tapi harus lumpuh dulu. Masa lumpuh dulu baru kebal. Karena bisa kehilangan fungsi sangat penting," katanya.

4. Vaksin kombinasi itu aman

Sudah terbukti vaksin kombinasi itu aman. Malah pemberian vaksin kombinasi mengurangi anak yang drop out (tidak mendapatkan vaksinasi lanjutan).

5. Bahaya setop vaksinasi

Bahaya bakal datang bila banyak orangtua antivaksin pada anaknya. Aneka penyakit ganas dan berbahaya bisa kembali mewabah bila banyak anak tidak mendapat vaksin

"Bila ada 40 persen orang galau (untuk memvaksin anaknya), maka penyakit itu datang lagi, bangkit lagi dari kubur," kata Piprim.

 

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Vaksin adalah bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit.

    vaksin

Video Terkini