Sukses

Reaksi Tubuh Setelah 6 Jam Menyeruput Kopi

Kafein yang terkandung dalam kopi memberikan reaksi pada tubuh sampai enam jam kemudian. Seperti apa ya reaksinya?

Liputan6.com, Jakarta "Coffee is always good idea", begitu kira-kira jargon yang dimiliki oleh pecinta kopi. Tapi, tahukah Anda apa yang terjadi pada tubuh usai minum secangkir kopi?

Dikutip dari Bright Side, Rabu (14/6/2017) kopi rupanya akan bereaksi di tubuh manusia mulai 10 menit hingga 6 jam ke depan. Berikut reaksinya.

10 Menit

Tegukan pertama akan membuat kafein pada kopi masuk ke aliran darah, menyebabkan denyut jantung dan tekenan darah mulai naik.

20 Menit

Di waktu ini Anda mulai merasa lebih fokus, mampu dengan mudah membuat keputusan dan memecahkan segala masalah. Dalam 20 menit kafein yang masuk ke tubuh juga membantu mengurangi lelah dan menghubungkan reseptor otak sehingga lebih aktif.

30 Menit

Produksi adrenalin meningkat yang mengakibatkan penglihatan lebih tajam dan pupil mata sedikit melebar.

40 Menit

Serotonin meningkat yang menambah fungsi neuron dan meningkatkan kekuatan otot.

4 Jam

Kopi dapat meningkatkan sel yang melepaskan energi. Pada waktu ini ia juga memecah lemak meski Anda tidak bergerak. Kafein juga menstimulasi produksi asam lambung jadi meningkat.

6 Jam

Setelah enam jam, kopi yang masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan Anda buang air kecil. Selain air yang keluar dari urine, tubuh juga kehilangan vitamin dan mineral. Hal ini juga dapat menyebabkan gangguan metabolisme kalsium.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini