Sukses

Bisakah Daun Pisang Dimakan?

Walau nampaknya tidak berbahaya, tapi sistem pencernaan kita tidak bisa mencerna daun pisang.

Liputan6.com, Jakarta Aneka makanan berbungkus daun pisang ada banyak di sekitar kita. Mulai dari lemper, bothok, sampai nagasari. Namun, kalau daun pisang tidak sengaja termakan, bahaya tidak ya?

Daun pisang, terutama yang sudah tua, itu termasuk tanaman berserat di antaranya adalah lignin dan selulosa. Selain itu daun pisang mengandung gula, tepung, dan protein amat tinggi, hal inilah yang membuat sulit bagi sistem pencernaan tubuh manusia mencernanya.

"Mengonsumsi daun pisang mungkin tidak berbahaya, tapi serat dalam daun pisang sulit dikunyah dan dicerna manusia," seperti mengutip Live Strong, Rabu (14/6/2017).

Kue Basah Nagasari yang selalu hadir dalam sebuah acara perayaan ini, bisa menjadi salah satu pilihan hidangan sanck saat lebaran.  (Foto: Kokiku Tv)

Meski tubuh tidak bisa mencerna serat tersebut, bila tidak sengaja tertelan, daun pisang bisa keluar saat buang air besar. Walau begitu, bukan berarti Anda boleh sengaja memakannya ya. Manfaatkan saja daun pisang sebagai pembungkus yang membuat makanan jadi lezat. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini