Sukses

Terapi Laser pada Retina Mata Bukan untuk Pulihkan Penglihatan

Penglihatan tidak mampu kembali seutuhnya meski sudah menjalani terapi sinar laser pada retina mata.

Liputan6.com, Jakarta Kebocoran pembuluh darah di dalam retina mata bisa diatasi dengan terapi sinar laser. Kebocoran ini dipicu karena komplikasi diabetes pada retina, yang disebut retinopati diabetik.

Gejala buruk yang terjadi, penglihatan pasien semakin buram dan tidak jelas. Pada tahap yang kronis, penderita akan kehilangan penglihatan.

Terapi sinar laser dilakukan untuk menutup pembuluh darah yang bocor sekaligus mencegah kebocoran pembuluh darah lain pada retina.

Pasien mungkin akan bertanya, apakah terapi sinar laser dapat memulihkan penglihatan seutuhnya?

Dokter Spesialis Mata, dr Referano Agustiawan menjelaskan, terapi sinar laser hanya mempertahankan penglihatan dan sedikit meningkatkan penglihatan.

"Terapi ini bukan berarti penglihatan bisa kembali seutuhnya. Itu semua tergantung dari kondisi pasien. Kalau pembuluh darah di retina banyak mengalami kebocoran dan penglihatan mengalami gangguan yang cukup berat, maka penglihatan hanya sedikit ditingkatkan," jelasnya dalam acara JEC Diabetes Education and Care di Restoran Aroma Sedap, Jakarta pada Selasa (13/6/2017).

Selain menggunakan sinar laser, kebocoran pembuluh darah pada retina mata juga bisa diatasi dengan suntikan. 

 

Saksikan video menarik di bawah ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.